Profil

Filosofi: Kebaikan serta keberkahan alam adalah modal utama membawa masyarakat menuju sejahtera  

Kebaikan yang seutuhnya adalah saat kita dapat membuat perubahan hidup terutama bagi masyarakat di desa desa yang belum merasakan kesejahteraan seutuhnya.  Alam sejatinya telah menyediakan berbagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sambil mungundang kita semua untuk berbuat kebaikan melalui  peningkatan derajat kehidupan yang sejahtera berkesinambungan bagi masyarakat desa yang membutuhkannya.

Memberi kail dan mengajarkan masyarakat desa dan para santri agar hidup berdaya menuju kehidupan yang layak harus mejadi  upaya tiada henti bagi kita bersama untuk membangun kemandirian yang berkelanjutan , menggunakan anugerah alam, potensi kearifan lokal  dan gotong royong masyarakat sebagai modal utama kemajuan. 

 

Tentang Kami, Al Muthadiin 

Pesantren Pemberdayaan Alam Al Muhtadiin (Al Muhtadiin , dalam bahasa Arab berarti mereka yang terpilih) hadir secara komprehensif dalam semangat untuk membangun Indonesia dari desa  dengan  mengedepankan harmoni kebaikan alam (potensi persawahan, perkebunan, sungai,  lautan dan semangat kemajuan masyarakat desa  ) sebagai cetak biru pemberdayaan masyarakat yang komprehensif dan berkesinambungan. 

Pesantren Pemberdayaan Alam Al Muhtadiin hadir dengan berawal dari Ikhtiar besar memajukan dan membangun Indonesia dari desa , yaitu mensejahterakan masyarakat Desa Cikangkung , Kecamatan Ciracap , Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat.

Pesantren Pemberdayaan Alam Al Muhtadiin (saat ini telah melayani ratusan santri mukim dari berbagai wilayah di Jawa Barat. Pesantren Pemberdayaan Alam Al Muhtadiin (saat ini memiliki fasilitas asrama mukim, masjid , ruang belajar PAUD dan TPQ (on progress) . 

Rencana kedepan Pesantren Pemberdayaan Alam Al Muhtadiin adalah membangun fasilitas tambahan untuk meningkatkan Ilmu dan kehidupan para santri serta masyarakat sekitarnya dalam bentuk : rumah yatim piatu, sarana belajar out door dan fasilitas Internet , serta sentra kuliner yang dikelola para santri dengan memanfaatkan hasil alam sekitar pesantren . 

 

Program sentra ekonomi masyarakat berbasis PPA (Pesantren Pemberdayaan Alam)

PPA (Pesantren Pemberdayaan Alam) AL MUHTADIIN hadir memberdayakan potensi alam dan gotong royong masyarakat dengan berfokus pada dua kegiatan berbasis pilar utama UPAYA  (memberdayakan) dan USAHA (mensejahterakan)  demi membentuk kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan, dengan format : 

PILAR UPAYA 

Upaya berkelanjutan pesantren untuk membentuk masyarakat dhuafa menjadi generasi agamis , terdidik dan berpengetahuan , dan yang termarginalkan menjadi maju menuju sejahtera melalui 3 bidang utama   

1. Pendidikan 

Menyediakan pendidikan berbasis Pesantren Pemberdayaan Alam yang mengambil Intisari pendidikan dengan mengolah Ilmu dam kearifan alam yang bukan hanya berguna bagi diri santri dan masyarakat. 

2. Kesehatan

Meningkatkan kesehatan masyarakat dengan berfokus pada peningkatan kesehatan anak anak, Ibu dan wanita hamil melalui pembentukan Posyadu yang akan ditingkatkan menjadi poliklinik dengan tenaga medis dan peralatan kesehatan yang lengkap. 

3. Keagamaan 

Membentuk masyarakat yang agamis dan mampu menjadi Insan perubahan masyarakat berbasis Da’i Komunal yang juga berperan konkrit sebagai opinion leader dibidang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat . 

 

PILAR USAHA 

Menyediakan beragan usaha komprehensif  dalam meningkatkan penghasilan masyarakat , dalam hal ini mendorong keberdayaan sosial para petani, peternak, santri dan nelayan serta masyarakat sekitar pesantren untuk menggunakan kekayaan alam secara benar guna meningkatkan penghasilan menuju hidup sejahtera berkesinambungan melalui berbagai fokus usaha : 

 

  1. Pertanian
  2. Peternakan
  3. Perikanan
  4. Keuangan syariah masyarakat
  5. Toko pertanian masyarakat
  6. Perkebunan dan tanaman produktif
  7. Usaha kuliner masyarakat (untuk sosial dan komersial)
  8. Usaha mikro masyarakat
 

Pendiri

Yayasan Al Muhtadiin dibentuk oleh para praktisi senior yang berpengalaman luas dibidang community handling and social empowerment dengan tujuan menciptakan social impact yang lebih luas dan progresif.

SIGIT IKO SUGONDO
Ketua Dewan Pembina
Pakar pemberdayaan masyarakat dan Pertanian desa . Berpengalaman lebih dari 25 tahun dibidang keuangan, marketing, fundraising, manajemen organisasi , media , perkebunan , perikanan dan village community handling
BAMBANG D CAHYONO
Ketua Dewan Pengawas
Praktisi Komunikasi dan digital Interaction. Berpengalaman lebih dari 25 tahun dibidang branding, komunikasi marketing, social fundraising, digital paymet, media dan pendidikan.
ANGGRIANSYAH MUNGGARAN
Ketua Umum
Praktisi sales dan marketing. Berpengalaman lebih dari 15 tahun dibidang social fundraising, marketing, organisasi kepemudaan , pertanian dan village community handling